Penyebab dan Cara Mengatasi Gonore

oleh
Penyebab dan Cara Mengatasi Gonore

Nuansaindo.comPenyebab dan Cara Mengatasi Gonore yang dapat Anda lakukan supaya dapat menyembuhkan salah satu penyakit IMS yang satu ini.

Gonorea atau (kencing nanah) merupakan sutu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus, dan termasuk penyakit yang bisa menyerang siapa saja termasuk pria dan wanita. Dan berikut adalah penyebab dan cara mengatasi gonore.

Gonorea disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria gonorrhea, yang bersembunyi pada daerah hangat dan lembap di saluran reproduksi Anda seperti pada leher rahim, saluran rahim, dan saluran tuba pada wanita, dan di uretra pada wanita dan laki-laki.

Perkembangan bakteri ini dapat tumbuh dengan biak, dan akteri Neisseria gonorrhea penyebab kencing nanah ini sering tertular dari satu orang ke orang lain saat adanya kontak seksual, termasuk pada hubungan oral, anal, atau vagina.

Bakteri dari penyakit ini yaitu gonococcus biasanya dapat ditemukan pada cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi. Gejala gonore yang sering muncul jika Anda terkena penyakit gonore yaitu :

  • Saat buang air kecil merasa sakit.
  • Vagina atau penis tampak mengeluarkan cairan kental seperti nanah berwarna kuning atau hijau.

Meskipun begitu namun tidak semua orang menyadari gejala yang muncul dari penyakit menular seksual ini. Bahkan ada yang mengidap kondisi ini, namun tanpa menunjukkan gejala-gejala yang ada dan biasanya disebut nonsymptomatic carrier alias pembawa non gejala.

Cara Mengatasi Penyakit Gonore

Adapun cara untuk mengatasi gonore yaitu dengan penggunaan obat antibiotik oral atau injeksi, dan jika Anda terkena gonore maka pasangan Anda pun harus diobati pada saat yang sama supaya tidak terjadi infeksi dan penyebaran penyakit lebih lanjut.

Beberapa jenis antibiotik yang biasa digunakan untuk menyembuhkan gonore yaitu :

  • Ceftriaxone (rocephin), Untuk menghambat pertumbuhan dinding sel bakteri yang sudah mencapai darah.
  • Azithromycin (zithromax, zmax), Antibiotik yang biasa digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri.
    Erythromycin.
  • Cefixime dan sefalosporin, Obat ini berfungsi untuk menghambat sintesis dinding sel bakteri dan digunakan bersamaan dengan azithromycin.
  • Doxycycline, Untuk menghambat sintesis protein yang dapat memicu pertumbuhan bakteri.