Ketahuilah Penyakit Jantung Koroner Lebih Jauh

oleh
Ketahuilah Penyakit Jantung Koroner Lebih Jauh

Nuansaindo.comKetahuilah Penyakit Jantung Koroner Lebih Jauh supaya Anda dapat mengidentifikasi sejak dini mengenai penyakit mematikan ini.

Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya penumpukan kolesterol, lemak, atau zat lainnya pada dinding pembuluh darah, dan penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang berbahaya atau bahkan mematikan di dunia.

Penyakit jantung koroner terjadi disebabkan oleh adanya penyempitan pada arteri yang memasok darah ke otot jantung, yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol dan bahan lainnya, yang disebut plak, pada dinding pembuluh darah.

Yang berakibat otot jantung tidak bisa mendapatkan darah atau oksigen yang dibutuhkan disebabkan oleh adanya plak yang semakin besar sehingga aliran darah ke otot jantung semakin sedikit dan semakin sulit. Atau yang biasa disebut dengan nyeri dada khas (angina), yang merupakan suatu kegawatan medis yang dapat menyebabkan kerusakan jantung permanen atau bahkan terjadi kematian.

Ketahui Gejala Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner akan menimbulkan gejala sebagai berikut seperti di bawah ini :

  • Nyeri dada (angina), yaitu adanya rasa nyeri pada dada saat area otot jantung kurang mendapatkan asupan oksigen. Angina sendiri terasa seperti adanya rasa tertekan pada area dada yang menjalar ke bahu, lengan, leher, rahang, atau punggung dan juga disertai adanya keringat dingin dan biasanya akan dirasakan ketika Anda terlalu banyak beraktivitas.
  • Keringat dingin dan mual, Terjadi pada saat adanya penyempitan pada pembuluh darah, dan otot jantung mengalami kekurangan oksigen yang menyebabkan terjadinya suatu kondisi yang disebut dengan iskemia. Sehingga terjadi kondisi yang memicu keluarnya keringat berlebih dan penyempitan pada pembuluh darah, yang disertai adanya reaksi mual dan muntah.
  • Sesak napas, yang biasanya akan terjadi bersamaan dengan nyeri dada, karena fungsi jantung tidak berfungsi secara normal dan berimbas pada kelancaran pernapasan, sehingga membuat penderita akan mengalami sesak napas.

Mengobati Jantung Koroner

Serangan jantung adalah suatu kegawatan yang harus ditangani dengan segera di unit gawat darurat (UGD). Sebagai perawatan awal yang dilakukan yaitu :

  • Memberikan oksigen pada pasien.
  • Memberikan aspilet yang bertujun untuk mengencerkan darah.
  • Pemberian antinyeri seperti morfin, supaya memberikan rasa rileks saat sumbatan yang menyebabkan angina terjadi.
  • Pemberian nitrogliserin sublingual yang diletakkan di bawah lidah.

Terapi yang langsung menuju akar masalah dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu seperti dibawah ini :

  • Secara operatif yakni dengan cara melakukan tindakan pemasangan ring.
  • Pemberian obat r-TPA (Tissue plasminogen activator), yaitu suatu protein yang diberikan bertujuan untuk menghancurkan bekuan darah yang menempel pada dinding pembuluh darah yang dapat diberikan sekali seumur hidup.