Menpan Rilis Nilai Ambang Batas SKD Terkait CPNS 2018

oleh

Nuansaindo.com – Informasi tentang pendaftran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sangat ditunggu oleh banyak pihak atau kalangan masyarakat.

Namun sampai saat ini pemerintah masih mempersiapkan untuk proses penerimaan CPNS 2018 tersebut.

Meskipun masih dalam tahap proses persiapan, namun sudah banyak beredar kabar tentang penerimaan CPNS 2018 ini.

Dan pemerintah pun menegaskan kepada masyarakat calon pelamar CPNS diminta untuk selalu waspada pada informasi yang tidak resmi atau hoax.

Karena meski belum dibuka pendaftaran CPNS ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menetapkan beberapa peraturan pada proses seleksi.

Kemenpan RB merilis nilai ambang batas untuk seleksi kompetisi dasar CPNS 2018 pada 28 Agustus 2018.

Dilansir dari TribunJogja, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan Mudzikar membenarkan pengeluaran peraturan tersebut.

Diketahui, jika nilai ambang batas SKD ini merupakan standard minimal yang harus dipenuhi setiap peserta seleksi CPNS.

Berikut isi peraturan yang terlampir pada surat tersebut:

Pasal 1

Untuk nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar adalah nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Pasal 2

Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2018 meliputi:
a. Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
b. Tes Intelegensia Umum (TIU); dan
c. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Pasal 3

Untuk nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 2 (dua) yaitu:

a. 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi.
b. 80 untuk Tes Intelegensia Umum.
c. 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan.

Pasal 4

Sebagaimanadengan ketentuan tersebut dalam Pasal 3 (tiga) dibedakan bagi peserta yang mendaftar pada jenis penetapan kebutuhan (formasi) khusus:
a. Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude);
b. Penyandang Disabilitas;
c. Putra/Putri Papua dan Papua Barat;
d. Olahragawan Berprestasi Internasional; dan
e. Diaspora;
f. Tenaga Medis/Paramedis dan Tenaga Guru dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II.

Pasal 5

Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 bagi peserta yang mendaftar pada jenis formasi khusus sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 (empat) yaitu:

a. Nilai kumulatif pada Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putri dengan Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude) dan Diaspora paling sedikit 298 (dua ratus sembilan puluh delapan), dengan nilai TIU paling rendah adalah 85 (delapan puluh lima);

b. nilai kumulatif pada Seleksi Kompetensi Dasar bagi Penyandang Disabilitas paling sedikit yaitu 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU serendah-rendahnya 70 (tujuh puluh);

c. nilai kumulatif pada Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putra Papua dan Papua Barat paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling sedikit 60 (enam puluh);

d. Nilai kumulatif pada Seleksi Kompetensi Dasar bagi Tenaga Medis/Paramedis dan Tenaga Guru dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling sedikit 60 (enam puluh);

e. Nilai terendah dari peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Olahragawan yang Berprestasi Internasional merupakan nilai ambang batas hasil Seleksi Kompetensi Dasar.

Pasal 6

Untuk jabatan Dokter Spesialis, Instruktur Penerbang, Petugas Ukur, Rescuer, Anak Buah Kapal, Pengamat Gunung Api, Penjaga Mercu Suar, Pelatih/Pawang Hewan, dan Penjaga Tahanan pada penetapan kebutuhan (formasi) umum diberikan pengecualian.

 

  • Waspada Informasi Hoaks, BKN RI Tegaskan Penerimaan CPNS 2018 Belum Dibuka

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul CPNS 2018 Segera Dibuka, Menpan Rilis Nilai Ambang Batas SKD Calon Pegawai.

Editor: Siti Nurjannah Wulandari