Penyakit Asma Disebabkan Oleh? Gejala, dan Mengobati

oleh

Nuansaindo.com – Penyakit asma disebabkan oleh? gejala, dan mengobati yang akan di bahas kali ini supaya anda dapat mengetahui lebih jauh tentang penyakit yang satu ini.

Apa Itu Penyakit Asma?

Penyakit asma adalah salah satu jenis penyakit kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan pada saluran napas yang dapat menyebabkan sesak atau sulit bernapas. Selain itu, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma termasuk penyakit yang bisa menyerang siapa saja atau semua golongan usia, baik yang masih muda atau yang sudah tua.

Meskipun begitu tapi penyebab pasti dari penyakit asma sampai saat ini belum diketahui secara jelas, namun harus diketahui ada beberapa hal yang bisa memicu terjadinya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang peliharaan, aktivitas fisik berlebih, cuaca dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

 

Apa Saja Penyebabnya?

Untuk penyebabnya sendiri asma memang belum diketahui penyebab pastinya. Namun meskipun begitu, ada beberapa hal penting yang harus diketahui yang dapat memicu munculnya gejala penyakit ini, di antaranya:

  • Karena adanya infeksi yang serius pada organ paru-paru dan saluran napas yang umumnya menyerang saluran napas bagian atas seperti flu.
  • Ditandai dengan adanya alergen (bulu hewan, tungau debu, dan serbuk bunga).
  • Terkena atau terpapar oleh zat di udara, misalnya asap kimia, asap rokok, dan polusi udara.
  • Aktivitas fisik yang terlalu berat (misalnya olahraga).
  • Pengaruh dari obat-obatan, misalnya obat pereda nyeri anti-inflamasi nonsteroid (aspirin, naproxen, dan ibuprofen) dan obat penghambat beta (biasanya diberikan pada penderita gangguan jantung atau hipertensi).
  • Yang tak kalah penting juga seperti faktor kondisi cuaca, karena cuaca juga sangat berpengaruh pada penyakit asma seperti cuaca dingin, cuaca berangin, cuaca panas yang didukung kualitas udara yang buruk, cuaca lembap, dan perubahan suhu yang drastis.
  • Kondisi interior ruangan yang lembap, berjamur, dan berdebu.
  • Terjadinya stres.
  • Emosi yang tidak bisa di tahan atau berlebihan (kesedihan yang berlarut-larut, marah berlebihan, dan tertawa terbahak-bahak).
  • Koonsumsi makanan atau minuman yang mengandung sulfit (zat alami yang kadang-kadang digunakan sebagai pengawet), misalnya selai, udang, makanan olahan, makanan siap saji, minuman kemasan sari buah, bir, dan wine.
  • Adanya alergi makanan (misalnya kacang-kacangan).
  • Penyakit refluks gastroesofageal (GERD) atau biasa juga disebut penyakit di mana asam lambung kembali naik ke kerongkongan sehingga mengiritasi saluran cerna bagian atas.

Nah itu lah beberapa hal yang bisa memicu munculnya gejala apabila Anda adalah seorang penderita asma. oleh sebab itu sangat penting untuk anda ketahui.

 

Apa Saja Gejalanya?

Berikut adalah gejala dari penyakit asma yang biasa terjadi, untuk lebih jelasnya lihat langsung di bawah ini.

  • Adanya mengi. Mengi adalah terdengarnya suara siulan yang melengking yang muncul ketika Anda bernapas.
  • Dada terasa sesak. Dada anda akan terasa seperti tertekan.
  • Tampak batuk. Batuk pada penderita asma biasanya sering lebih buruk pada malam hari atau pagi, sehingga menyebabkan sulit untuk tidur.
  • Napas jadi sesak. Orang yang memiliki asma maka bernapas pun akan kesulitan atau  bahkan mereka merasa kehabisan napas.

Nah itulah gejala dari penyakit asma yang harus anda ketahui akan tetapi jika anda memiliki gejala seperti ini, tidak selalu berarti Anda menderita asma. Karena suatu cara terbaik untuk mendiagnosis asma dengan pasti adalah dengan menggunakan tes fungsi paru-paru, riwayat medis (termasuk jenis dan frekuensi gejala), dan pemeriksaan fisik.

 

Bagiamana Cara Mengobatinya?

Pengobatan asma dibagi menjadi dua tujuan, yaitu bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah supaya gejala tidak kambuh.Rencana pengobatan meliputi cara mengenali dan menangani gejala yang memburuk, serta obat-obatan apa yang harus digunakan yang direncanakan oleh dokter sesuai dengan kondisi pasien.

Dan sngat penting bagi pasien untuk dapat mengenali hal-hal yang dapat memicu asma supaya mereka dapat menghindarinya. Jika gejala asma muncul secara tiba-tiba dan inhaler merupakan obat yang umum direkomendasikan.

Namun jika terjadi serangan asma dengan gejala yang terus menerus dan membuat konsidsi memburuk meskipun sudah ditangani dengan inhaler atau obat-obatan lainnya, maka penderita harus segera mendapatkan penanganan  yang lebih serius yaitu di bawa ke rumah sakit atau juga menggunakan obat asma alami herbal.