Penyebab Asam Urat Tinggi dan Cara Mengatasinya

oleh
penyebab asam urat tinggi

Nuansaindo.comPenyebab asam urat tinggi mungkin belum banyak orang yang tahu apa saja penyebabnya, dalam artikel kali ini akan di jelaskan supaya anda lebih tahu dan dapat mengatasinya.

Penyebab asam urat tinggi sebenarnya bisa di akibatkan oleh beberapa faktor, selain makanan seseorang yang memiliki tingkat asam urat yang tinggi dapat disebabkan ketika tubuh menghasilkan asam urat atau bisa di sebabkan karena organ ginjal tidak mampu untuk menghilangkan asam urat dengan cepat.

Jika tubuh seseorang memproduksi asam urat berlebih atau ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat dengan cepat, maka akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Karena kandungan asam urat dalam darah yang tinggi juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti batu ginjal atau gagal ginjal, tekanan darah tinggi, serta penyakit jantung.

 

Penyebab Asam Urat Tinggi

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan asam urat tinggi :

1. Jenis kelamin

Pria memiliki resiko lebih besar mengalami penyakit asam urat jika dibandingkan dengan wanita. Kenapa demikian ? karena adanya hormon esterogen pada wanita yang berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat serta memperlancar pembuangannya melalui ginjal.

2. Faktor usia

Karena sebagian besar gangguan asam urat bisa terjadi pada orang-orang yang usianya sudah menginjak 40 hingga 50 tahun. dan penyakit ini umumnya terjadi setelah mengalami masa menopause.  Dan gangguan asam urat jarang sekali terjadi pada anak-anak dan remaja.

3. Efek obat- obatan

Beberapa jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan resiko gangguan asam urat, diantaranya :

  • Mengkonsumsi obat-obatan diuretik seperti thiazide yang biasa digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif, dan kondisi lain
  • Mengkonsumsi obat anti-penolakan seperti cyclosporine setelah melakukan transplantasi organ untuk beberapa kondisi rematologi.
  • Mengkonsumsi aspirin dengan setiap hari walaupun dengan dosis rendah yang biasanya digunakan untuk mencegah serangan jantung dan stroke
  • Konsumsi obat niacin yang digunakan untuk meningkatkan high density lipoprotein (HDL) dalam darah.

4. Minum alkohol berlebih

Mengkonsumsi minuman beralkohol dengan berlebih ternyata dapat meningkatkan potensi resiko asam urat. Selain itu bahaya alkohol juga dapat menyebabkan penyakit lain yang paling mematikan di dunia seperti jantung dan kanker.

5. Diet

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat purin yang tinggi seperti : daging merah, jeroan (hati, ginjal), ikan kalengan, teri, ikan haring, asparagus, kembang kol, kacang, dan jamur dapat meningkatkan resiko gangguan asam urat.

6. Mandi malam

Dari jaman dahulu memang telah menjadi kepercayaan jangan mandi terlalu malam, dan memang bahaya mandi malam ternyata dapat menyebabkan asam urat. Selain itu mandi malam dapat menyebabkan rematik dan berdampak menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Berikut adalah cara untuk mengobati penyakit asam urat yang bisa anda lakukan mulai dari cara tradisional hingga medis.

1. Metode tradisional

Setelah mengetahui bahwa Anda sedang mengalami gangguan asam urat, sebaiknya segera istirahatlah yang cukup dan anda bisa melakukan cara dengan mengompres bagian sendi yang terasa nyeri dengan es batu yang dibungkus dengan kain atau handuk dilakukan selama beberapa menit yaitu +/- 20 menit. Namun harus di hindari menerapkan es batu secara langsung ke bagian sendi yang sakit, karena dengan begitu justru akan merusak permukaan kulit.

2. Metode obat-obatan

Berikut adalah beberapa jenis obat-obatan yang bisa anda gunakan untuk mengobati asam urat :

  • Dengan mengkonsumsi obat anti-inflamasi non steroid yang bertujuan untuk mengobati rasa sakit yang di timbulkan akibat asam urat, contohnya seperti etoricoxib,  disclofenac, dan naproxen.
  • Dengan mengkonsumsi obat Colchicine yang bertujuan untuk mengurangi kekuatan kristal-kristal natrium urat  dalam menyebabkan peradangan pada daerah persendian.
  • Dengan mengkonsumsi obat kortikosteroid yang disuntikan ke dalam otot atau langsung ke dalam sendi yang mengalami radang untuk meredakan rasa sakit.